Monday 4 June 2012


Profesi Kependidikan dalam Prespektif Manajemen Pendidikan


KATA PENGANTAR

Di era globalisasi, kompetisi di berbagai bidang pekerjaan semakin ketat. Tiap-tiap profesi mencoba meningkatkan eksistensinya pada kebutuhan masyarakat akan jasa profesi tersebut. Kondisi ini berdampak balik kepada profesi yang bersangkutan untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan pada masyarakat. Untuk itu maka di era globalisasi ini kompetensi anggota profesi merupakan kunci peningkatan kualitas layanan.

Profesi kependidikan tentunya memiliki seperangkat kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru. Kompetensi-kompetensi tadi diejawantahkan dalam program pendidikan dan latihan guru, yang berisi kajian-kajian kependidikan dalam rangka mencapai kompetensi yang dikehendaki.
Profesi kependidikan merupakan salah satu mata kuliah dalam rumpun MKDK (Mata Kuliah Dasar Kependidikan). Pengalaman penulis dalam membina guru-guru, menunjukan bahwa kebutuhan mahasiswa akan sumber belajar terutama buku acuan sangatlah penting. Maka dari itu penulis menyusun buku Profesi Pendidikan dalam Perspektif Manajemen Pendidikan yang dihimpun berdasarkan pengalaman penulis, serta teori-teori yang umum diterima sebagai kebenaran dalam kependidikan. Akhirnya penulis sangat mengharapkan adanya kritik dan saran dalam rangka perbaikan buku ini di masa yang akan datang, dan semoga ini dapat bermanfaat bagi semua, Amin.

No comments:

Post a Comment