Monday 4 June 2012


PENERAPAN UMPAN BALIK DIKOREKSI DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENGAJARAN PENGANTAR STATISTIKA PENDIDIKAN


Oleh :
Diah Armeliza
Abstract
Tlie purpose of tliis research is to improve the students' learning achievement in Introduction to Educational Statistics in the Department of Educational Management, School of Education, State University of Jakarta. This classroom action research ivas conducted in 2008/2009 academic year involving 50 students. The instructional model developed and implemented in this research was corrected feedback which had proved significant improvement of the students' learning achievement in the theory and practice of educational statistics.
Key words: corrected feedback, instructional quality, learning achievement

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata kuliah Pengantar Statistik Pendidikan, dengan memberikan umpan balik yang dikoreksi. Penelitian dilakukan di jurusan Manajemen Pendidikan pada semester ganjil tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan mengikutsertakan 50 mahasiswa. Model pembelajaran penilaian umpan balik yang dikoreksi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan membuat siswa menguasai konsep Pengantar Statistik Pendidikan baik dalam teori dan praktik. Penelitian ini memberikan motivasi bagi siswa untuk lebih menyukai mata kuliah Pengantar Statistik Pendidikan karena mereka lebih memahami program secara keseluruhan.
Kata-kata kuna: umpan balik dikoreksi, mutu pengajaran, hasil belajar.

No comments:

Post a Comment